top of page
  • mwb

Air Isi Ulang vs Air Mineral: Membongkar Rahasia Kedua Produk

Diperbarui: 1 Feb



air isi ulang

Air adalah kebutuhan utama dalam kehidupan kita, dan kita semua tahu bahwa penting untuk minum air yang berkualitas untuk kesehatan optimal. Tetapi, pernahkah anda dihadapkan pada dua pilihan: air isi ulang yang khusus dijual depot air minum atau air mineral dalam kemasan yang dijual di toko mau pun warung? Artikel ini akan membongkar perbedaan antara keduanya secara mendalam. Dalam artikel ini kita akan menemukan rahasia di balik air yang biasa kita minum sehari-hari.


Air Isi Ulang - Apa Ciri Khasnya?


Air isi ulang adalah bahan baku air mineral yang diambil dari berbagai sumber air, diolah, dan diisi ulang dalam botol galon 19L. Proses saat diolah adalah faktor penting yang membedakan antara air isi ulang dengan air keran biasa. Produksi air isi ulang sepenuhnya dilakukan di depot air minum.

air isi ulang

Proses Air Isi Ulang Menjadi Air Layak Minum

  • Makro Filterasi: air isi ulang biasanya melewati serangkaian filter untuk menghilangkan partikel besar seperti warna, bau, dan rasa

  • Mikro Filterasi: setelah melalui makro filter, air ini kemudian melalui mikro filterasi untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan virus

  • Ozon dan Ultra Violet: depot air minum isi ulang menggunakan ozon dan ultra violet untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang mungkin masih tersisa dalam air

Kelebihan Air Isi Ulang

  1. Kualitas Terjamin: khusus untuk depot air minum yang telah memiliki brand ternama seperti Biru dan Indofresh Water, air isi ulang biasanya mengalami proses sterilisasi yang ketat, menghasilkan air yang bebas dari kontaminasi partikel berbahaya. Sumber airnya pun terkontrol dari mata air pegunungan, bukan dari sumber air sembarangan.

  2. Lebih Ramah Lingkungan: penggunaan botol atau galon yang dapat diisi ulang mengurangi jumlah limbah plastik.

  3. Harga Lebih Hemat & Terjangkau: pasti lebih murah daripada air mineral dalam kemasan botol galon


Kekurangan Air Isi Ulang

  1. Masalah Kualitas : kualitas air isi ulang dapat bervariasi dari satu depot air minum ke depot air minum lainnya. Beberapa depot air minum mungkin tidak melakukan prosedur pengolahan air yang benar atau maintenance rutin peralatan filter yang terkontrol dengan baik.

  2. Harus Punya Botol Galon: memerlukan botol galon kosong untuk diisi ulang, yang harus dibawa ke depot air minum. Dan tidak semua depot air minum memberikan jasa antar.

  3. Distribusi Terbatas: depot air minum yang menghasilkan produk air minum berkualitas terbatas wilayah distribusinya.

air isi ulang

Air Mineral Dalam Kemasan - Apa Ciri Khasnya?


Air mineral yang sering kita temui dalam bentuk kemasan gelas, botol kecil, mau pun galon besar 19L diolah langsung dari sumber alam seperti mata air alami atau sumur artesis. Proses pengolahannya kurang lebih sama dengan produk depot air minum, tapi dengan skala produksi yang tentunya jauh lebih besar volumenya.


Hasil produksinya yang berupa air minum dalam kemasan masih perlu dikirim ke distributor, agen, dan toko sebelum sampai ke konsumen. Rangkaian distribusi yang cukup panjang inilah yang mengakibatkan harga air mineral dalam kemasan lebih mahal dari air isi ulang.


Kelebihan Air Mineral

  1. Kualitas Terjamin: air mineral dalam kemasan yang diproduksi produsen ternama pastinya lebih terjamin kualitasnya karena diproduksi pabrik besar yang dikelola dengan standar kualitas terbaik.

  2. Rasa yang Lebih Baik: banyak orang lebih suka rasa air mineral dalam kemasan dibandingkan dengan rasa air keran atau air isi ulang.

  3. Kemudahan Membeli: mudah dibeli dimana-mana, tidak memerlukan botol galon kosong untuk dibawa ke depot air minum, dan tidak perlu menunggu untuk diisi ulang, sudah siap minum sejak dibeli.

Kekurangan Air Mineral

  1. Masalah Kualitas: seperti halnya produk air isi ulang, kualitas air mineral juga dapat berbeda dari satu merek ke merek lainnya.

  2. Limbah Kemasan Plastik: kemasan air mineral produk pabrikan dikemas dari bahan plastik, yang dapat meningkatkan masalah limbah plastik dan pencemaran lingkungan jika tidak didaur ulang dengan baik.

Air Isi Ulang atau Air Mineral Dalam Kemasan: Mana Yang Terbaik Untuk Anda?


Setelah kita memahami perbedaan, kelebihan dan kekurangan antara air isi ulang dan air mineral dalam kemasan, semua dikembalikan kepada anda untuk memilih yang terbaik untuk Anda dan keluarga anda dengan pertimbangan sebagai berikut:

  1. Faktor Kualitas Air: jika anda sangat memprioritaskan kualitas air dan ingin memastikan air yang Anda minum bebas dari kontaminasi partikel berbahaya, maka pilih air isi ulang atau air mineral dalam kemasan yang telah memiliki brand terkenal. Resiko apabila membeli produk air minum dari non brand adalah proses pengolahan dan sumber air yang tidak terkontrol dan tidak terjamin kualitasnya.

  2. Faktor Manfaat Mineral: apabila anda beli produk air isi ulang dari depot air minum terkenal atau air mineral dalam kemasan dari produsen terkenal, maka apa pun pilihan anda, semua manfaat dari air mineral untuk kesehatan tubuh akan anda dapatkan.

  3. Faktor Budget: karena produk air isi ulang jauh lebih murah dibanding produk air mineral dalam kemasan (1/3 lebih murah), maka sudah pasti akan jauh lebih hemat pengeluaran anda apabila membeli produk air isi ulang.


Semoga setelah membaca artikel ini anda sudah mantap pilih produk air yang terbaik!


 

Klik ini apabila anda tertarik buka usaha depot air minum Indofresh Water dengan sistem franchise atau klik ini apabila anda lebih tertarik dengan sistem lisensi Aquago.









829 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page